Sabtu, 29 September 2012

JIKA BUMI BISA BICARA

‘Global warming’, inilah hal yang akan dibahas kali ini. Jika kalian penasaran, silakan dibaca dengan seksama, dan ambillah hikmahnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, ‘Global Warning’ adalah hal yang terburuk yang menimpa bumi kita ini. Oleh karena itu, ‘Global Warning’ harus kita atasi dan melindungi seluruh kehidupan di bumi. Tidak hanya manusia membutuhkan bumi, tetapi seluruh makhluk hidup membutuhkannya.

 ‘Global Warning’ banyak disebabkan oleh beberapa factor, yaitu :

1.       Penggunaan karbondioksida yang berlebihan.
Kita tahu bahwa seluruh kendaraan bermotor menghasilkan karbondioksida. Karbondioksida sangat berpengaruh terhadap bumi. Hal ini dikarenakan karbondioksida akan merusak lapisan ozon pada bumi, yangmana lapisan ozon ini berfungsi untuk melindungi seluruh mehkluk hidup dari panasnya sinar matahari. Jika lapisan ozon menipis, tentu cahaya matahari akan langsung mengenai bumi dan hal ini akan membuat bumi
semakin panas. Tidak hanya kendaraan bermotor, tetepi pabrik-pabrik yang menghasilkan asap juga akan sangat mempengaruhi lapisan ozon tersebut.
2.       Penebangan hutan secara liar.
 Sebagaimana yang kita tahu tumbuhan menghasilkan oksigen yang berguna bagi mahkluk hidup. Jika hutan ditebang, siapa yang akan menghasilkan oksigen ? apakah manusia ?, tidak mungkin kan ?, tentu bumi akan semakin panas.
3.       Efek rumah kaca.

Efek rumah kaca maksudnya adalah suatu unsure yang diciptakan oleh AC, yangmana unsur ini akan memantulkan sinar matahari dan menembak lapisan ozon yang akan membuatnya semakin menipis. Dizaman modern ini, hampir setiap rumah di kota memiliki benda yang satu ini yaitu AC (Air Conditioner).  Jika cuaca panas, AC dihidupkan, kita tidak tahu bahwa hal tersebut akan merusak lapisan ozon pada bumi.

Itulah beberapa faktor yang mengakibatkan ‘Global Warming’. Sebenarnya masih ada lagi faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut, tetapa yang dibahas hanya tiga saja. Tadi membahas tentang faktor-faktornya, sekarang yang dibahas adalah akibatnya. Bumi maupun manusia.

1.       Jika global warmig terus tejadi, seperti yang dibahas sebelumnya, bumi akan menjadi semakin panas. Dulunya yang 38 derajat, sekarang bisa 45 derajat, dan itu masih belum cukup, akan terus bertambah jika global warming terus terjadi. Mungkin bisa mencapai 100 derajat, coba bayangkan seberapa panaskah 100 derajat itu ?, jika kalian penasaran, masukkan tangan kalian kedalam air yang mendidih, kalin pasti akan merasaknnya.

2.       Kehidupan dibumi akan semakin menurun. Sebagaimana yang diketahui, jika hutan ditebang, sipa yang akan menghasilkan oksigen ?. tanpa ada oksigen, pasti tidak akn ada kehdpn, karena seluruh mahkluk hidup membutuhkan oksigen. Bahkan ikanpun yang hidup di air membutuhkan oksigen.

3.       Hal yang paling ditakuti oleh para pakar geografi jika global warming terus terjsdi adalah jika seluruh es dikutub mencair, dipastikan bahwa bumi akan diselimuti oleh mantel air, daratan akan tenggelam oleh air.

Jika bumi bisa berbicara , entah apa yang akan dikatakannya. Yang pasti Dia akan menangis melht tingkahlaku manusia yang begitu bejat. Dia pasti akan sedih karena tidak ada manusia yang menjaganya, mereka hanya mementingkan diri mereka sendiri.
Coba bayangkan berapa banyak hal yang akan tejadi jika global warming terus terjadi !. masih banyak hal lagi yang akan disebabkan oleh global warning. Tetapi tenang, dimana ada maslah pasti ada jln kluar nya, semua hanya bergantung pada orangnya, mau berusaha atau tidak. Berikut adalah beberapa cara untuk menanggukangi global warming, yaitu :

1.       Melakukan reboisasai.
Reboisasai atau penanaman hutan kembbalim adalah hal terpenting untuk menanggulangi global warming. Hal tersebit dikatrenakan semakin banyak pohon, tentu akan semakin banyak oksigen dan bumi akan kembali menjadi baik. Seperti kata orang bijak ‘One Man, One tree’, satu orang, satu pohon. Jika hal tersebut dilakukan, mudah-mudahan bumi kembali seperti sedia kala.

2.       Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
Mengurangi pengguna kendaraan bermotor juga akan membantu dalm menaggulangi masalh global warming di seluruh dunia. Kita bisa mengganti kendaraan bermotor dengan mengginakna sepede. Sepeda yang tdk perlu menggunakan bensin dan juga sekaligus plahraga. Di Amerika, sudah banyak orang yang menggunakna sepeda untuk pergi bekerja. Begitu juga dengan Jepang, hampir selauruh oaring setiap hari menggunakan sepada.

Juga masih banyak hal yang bisa kita lakukan untu menyelamatkan bumi, semuanya tergantung pada seluruh manusia. ‘Dari Kita,Oleh kita, dan Untuk Kita’.



0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Everyone have different opinion, so it's up to you, what do you think about me...!!!
 
;